Saturday, 23 December 2017

PRIMADONA SURYAKENCANA BOGOR: TOGE GORENG PA RAISAN DAN SOTO KUNING PAK YUSUP

Alhamdulillah.. Baru kira-kira 2 jam yang lalu sampe rumah abis nyari udara seger di Bogor. Ini kaki cuapeknya rruuuaaarr biyasaaaaahh..
Gimana gak capek, jadi gini, (saya curhat dulu yaa 😛😞) dari Bekasi ke Bogor selama di commuter line berdiri terus..abis itu sampe stasiun Bogor pas mau menuju Kebun Raya-nya tiba-tiba ke-ide-an mau jalan kaki ajaah doong..kirain teh deket..tapi sodara-sodara, ternyata pintu masuknya jauuuhh mesti muteeeerr terus ke belakang T.T
Gak sampe di situ, pas nyampe Kebun Raya-nya ceritanya pingin ngeliat Ecodome (-bangunan baru yang November kemarin baru aja dibuka) soalnya pas ngeliat di Google kayaknya koq lumayan.. Tapi udah capek-capek nyari sambil jalan kaki di dalem Kebun Raya, pas ketemu itu Ecodome koq gak sesuai sama ekspektasi T.T pemirsa kiciwa deeeh.. Udah gitu ternyata Ecodome-nya sampai hari ini-pun belum dibuka juga (dari keterangan mas-mas yang dagang es krim disana dan hasil sidak kunjungan saya juga) padahal yang saya baca di Google, Ecodome tsb tanggal 13 November 2017 kemarin udah peresmian, jadi saya pikir juga udah dibuka untuk umum. Tau gitu dari stasiun tadi langsung naik taxi online aja ke Jalan Suryakencana-nya.. Hiks hiks...
OK, segitu aja keluh kesah saya-nya 😅 kita balik lagi ke judul yaa 😁.


To be honest, tujuan utama saya ke Bogor selain pingin ngeliat Ecodome itu ((tadinya)), juga pingin nyobain kuliner-kuliner primadonanya Jalan Suryakencana. Yang sering ke Bogor apalagi ke Kebun Raya-nya pasti tau dong surga kuliner Jalan Suryakencana yang banyak berjejer penjual makanan-makanan khas kota Bogor itu?

Jalan Suryakencana letaknya persis di seberang pintu masuk utama Kebun Raya Bogor. Di situ ada gate dengan aksen chinese bertuliskan "Lawang Suryakencana". Jadi dari gate tsb sampai luruuuus terus, itu adalah Jalan Suryakencana, yang berisi pertokoan-pertokoan dan banyak penjual jajanan ringan sampai makanan-makanan berat khas kota Bogor.

 

TOGE GORENG PA RAISAN

Dari gate tsb, saya dan suami jalan luruuus terus di sepanjang kiri trotoar kurang lebih sejauh 750 meter, dan ketemulah dengan TOGE GORENG PA RAISAN. Dulu sewaktu pertama kali jalan-jalan ke Kebun Raya Bogor dan belum 'sadar' tentang Jalan Suryakencana ini, saya dan suami menyusuri jalan ini (-tanpa tau ini jalan apa) untuk nyari toge goreng, dan gak sengaja ketemulah dengan Toge Goreng Pa Raisan ini. Dan setelah nyobain, langsung sukaaa banget sama toge goreng ini, karena rasanya enaaakk banget. Se-enak apapun toge goreng yang pernah saya coba di Jakarta, gak ada yang se-enak Toge Goreng Pa Raisan. Aseli. Dan baru belakangan ini saya tau kalau ternyata Toge Goreng Pa Raisan tsb emang salah satu makanan yang recommended di Jalan Suryakencana, alias salah satu kuliner primadona di sana. Gak heran, memang.



Saus tauco/bumbunya gak pelit, rasanya juga 'kaya'. Walaupun bumbunya banyak, tapi gak bikin eneg. Porsinya lumayan banyak dan ngenyangin, karena selain toge, isinya juga ada lontong, mie, dan tahu. Suami saya yang rada 'picky' sama makanan aja waktu pertama kali nyobain langsung suka 😅.
Ohya seporsinya saya lupa berapa harganya, kalau gak salah sekitar 15rb'an (kalau gak salah yaa).


SOTO KUNING PAK YUSUP (PAKAI 'P')

Dari Toge Goreng Pa Raisan, jalan lurus lagi sejauh kurang lebih 200 meter, kita bakalan ketemu sama Soto Kuning Pak Yusup (pakai 'P' ya Yusup-nya, hehe). Jadi di sepanjang Jalan Suryakencana banyak penjual soto kuning khas bogor. Salah dua diantaranya adalah Soto Kuning Pak Yusup (pakai P) dan Soto Kuning M. Yusuf. Dan dua-duanya sama-sama banyak yang ngerekomendasiin. Kalau kata teman saya yang udah pernah nyobain dua-duanya sih katanya rasanya sama aja, gak jauh beda. Perbedaan yang kentara cuma di warna kuah kuningnya, kalau di Soto Kuning Pak Yusup (pakai P) kuah kuningnya bener-bener kuning, kalau di Soto Kuning M. Yusuf kuah kuningnya gak terlalu kuning. Dan kalau di Soto Kuning M. Yusuf jualannya udah di dalam kios, kalau Soto Kuning Pak Yusup (pakai P) masih mengandalkan gerobak. Saya belum pernah nyobain soto kuning manapun, jadi saya random aja pilih Soto Kuning Pak Yusup (pakai P) tanpa alasan apapun.


Rasa soto kuningnya enak.. Kuahnya 'kental' dan rempahnya berasa. Gurih bangeeet. Isian yang saya pilih adalah 2 daging dan 2 kikil, disajikan dengan irisan daun bawang dan bawang goreng. Dagingnya empuuuk banget, kikilnya juga kenyal dan gak alot. Selain daging dan kikil, juga ada paru, babat, usus, dan perkedel. Suami saya nyobain babatnya, katanya rasanya juga enak kayak kikil -kenyal dan gak alot.

Isian Soto Kuning
Soto kuning di Pak Yusup harganya dihitung per jumlah isian, 1 isiannya harganya 10rb. Bisa pakai lontong juga, tapi karena saya (sebenernya) masih kenyang karena baru makan toge goreng, jadi saya makan soto kuning ini gak pakai lontong.

Karena Soto Kuning Pak Yusup ini jualannya masih pakai gerobak dan dengan pembelinya yang bejibun, harus sigap nyari bangku kosong yang nganggur yaa biar makannya gak sambil prasmanan a.k.a berdiri. Hehe..


Sebenernya ada satu makanan lagi yang jadi primadona sana yang mau saya cobain, yaitu lumpia basah. Tapi belum berjodoh kali yaa, pas saya kesana abangnya yang masih lagi ngelayanin pembeli bilang lumpianya baru aja abis.. Huhuhu coba saya kesananya lebih cepet sedikit, mungkin masih kesisa barang 1 porsi. Yaudah gapapa bisa lain kali dicoba pas ke Bogor lagi, lagipula rasa-rasanya perut ini udah kepenuhan, dan ujan juga udah mulai turun.

Tapi buat yang pingin nyoba, letaknya gak jauh dari Soto Kuning Pak Yusup koq, dari Soto Kuning Pak Yusup tinggal jalan lurus lagi sampe ketemu perempatan, masih lurus aja terus sampe ketemu papan tulisan yang jualan Ngo Hiang, di depan kios ngo hiang ada gerobak warna hijau, nah itu dia lumpia basahnya.


Segitu aja cerita saya dari Bogor hari ini.. Emang gak nyoba banyak makanan sih, tapi Alhamdulillah saya puaaass koq udah makan dan nyobain 2 jenis kuliner primadonanya Jalan Suryakencana. Bener-bener worth to try.
Lagipula gak boleh makan terlalu banyak kan yaa, gak baik juga karena nanti jadi terlalu kenyang.. Hehe 😊.

No comments:

Post a Comment

Thank you for dropping by :) I really love to hear what you think ^^

< > Home
emerge © , All Rights Reserved. BLOG DESIGN BY Sadaf F K.